Review : Hasegawa 1/72 F14 Tomcat

Hasegawa 1/72 F14 Tomcat Box
450rb untuk mokit Hasegawa 1/72???
Jujur saja, awalnya saya kaget. Pengalaman saya sebelum ini untuk Hasegawa 1/72 hanya Harrier, Starfighter, dan Jaguar yang masih di sekitaran 100rb. Begitu buka kotaknya, baru saya sadar value sebenarnya dari kit ini.


Komponen paling menarik perhatian saya adalah PE fret. Disini ada detil untuk cockpit, spion canopy, ejection ring, dan afterburner ring. PE fret ini disediakan Hasegawa untuk area yang cukup prominent. Menambah tampilan detail model secara keseluruhan.

Hasegawa 1/72 Tomcat PE fret
Hasegawa 1/72 Tomcat Canopy

Beralih ke plastic parts. Disini adalah keunggulan Hasegawa. Panel line mereka sifatnya recessed dan sangat halus. Mungkin detil halus ini belum terlihat menarik saat ini. Tapi lihat nanti setelah proses cat dan weathering. Panel line halus gaya Hasegawa ini akan menghasilkan detail yang realistis, terutama di skala kecil macam 1/72.  

Sayap pesawat memang tidak bisa di sweep secara bebas seperti merk lain. Hasegawa hanya menyediakan dua pilihan posisi, full sweep back or forward. Pada posisi swept forward, slats and flaps dapat diposisikan deployed. Konfigurasi ini cocok untuk pose take off Tomcat yang sangar.

Hasegawa 1/72 Tomcat Wing option

Tidak hanya itu, Hasegawa pun menyediakan opsi nose gear oleo struts extended/retracted yang sesuai untuk pose parkir atau bersiap take off di catapult.

Hasegawa 1/72 Tomcat Nose Gear option

Air brake Tomcat berada diantara dua sirip tegak. Air brake ini memang hampir tidak pernah terlihat terbuka di darat. Akan tetapi pose Tomcat sedang membuka airbrake cukup menarik. Sehingga Hasegawa menyediakan opsi untuk membuka airbrake. Tidak asal terbuka, pelat airbrake dicetak dengan ketebalan yang realistis. Selain itu interior aribrake bay di body juga tidak luput dari sentuhan detail.

Hasegawa 1/72 Tomcat airbrake

Marking tersedia dalam 4 pilihan. Jolly Rogers VF84 1988 & 1986, Diamonbacks VF102, dan Tomcatters VF31.

Hasegawa 1/72 Tomcat Decal

Sebagaimana mokit Hasegawa umunnya, kekurangan utama dari model kit ini adalah tidak adanya senjata sama sekali. Tidak ada Sidewinder, Sparrow, dan Phoenix. Hanya ada fuel tank dan TARPS pod. Untungnya TARPS pod disini cukup detil dengan lensa yang terbuat dari parts transparan.


Dengan mokit Hasegawa 1/72 Tomcat ini anda akan mendapat sebuah replica Tomcat yang akurat dan detail dalam kondisi clean. Jika anda ingin menambahkan rudal Sidewinder, Sparrow, atau Phoenix, anda perlu mengambilnya dari weapon set Hasegawa terpisah, atau dari kit lain. Untungnya Sidewinder atau Sparrow adalah rudal sejuta ummat. Hampir semua pesawat tempur blok barat memakai rudal ini. Dan biasanya mokit Italeri/Revell menyediakan rudal ekstra yang bisa anda pakai untuk mokit ini.

Jika anda berminat membuat Replika F14 Tomcat yang akurat dan detail dari mokit ini, silahkan kunjungi toko kami www.rumahmokit.com , terimakasih :)

Review Hobbyboss 1/72 F-14D Super Tomcat bisa Anda baca disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar